-->

Contoh Proposal Permakanan Panti Asuhan





CONTOH PROPOSAL PERMAKANAN PANTI ASUHAN 


PENDAHULUAN

Anak sebagai generasi penerus adalah pewaris cita-cita perjuangan bangsa yang merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat penting dalam mencapai keberhasila pembangunan. Untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas anak mempunyai hak dan kebutuhan akan makan, zat-zat gizi, kesehatan, bermain kebutuhan emosional, pengembangan moral dan spiritual, pendidikan serta memerlukan lingkungan keluarga dan lingkungan  social yang mendukung bagi kelangsungan hidup, tumbuh berkembang dan perlindungannya.

Dalam kehidupan masyarakat luas, angka pengangguran akibat (PHK), dan melonjaknya harga kebutuhan pokok yang tidak stabil serta angka kemiskinan semakin bertambah banyak khususnya yang berada di pelosok-pelosok daerah dan perkotaan pada umumnya cukup menjadi permasalahan yang tidak bias diabaikan. Permasalahan tersebut diatas, telah memperburuk kehidupan anak-anak yang merupakan bagian dari anggota masyarakat secara kesuluruhan, beberapa permasalahan yang dihadapi anak-anak antara lain:  

a.      Meningkatnya jumlah keterlantaran baik ank yang berada dilingkungan keluarganya maupun anak yang berada di dalam lingkungan panti asuhan.
b.      Meningkaynya anak-anak yang mengalam masalah sosial, seperti halnya banyak pekerja anak dibawah umur, anak-anak yang yang dieksploitasi untuk kepentingan ekonomi keluarganya atau kelompok-kelompok tertentu.
c.       Rendahnya atau ketiadaan akses untuk memperoleh pelayanan sosial, gizi, kesehatan dan pendidikan.
d.      Tingginya angka putus sekolah yang belum waktunya mulai dari SD, SLTP, dan SLTA.


DASAR PEMIKIRAN

Salah satu tujuan esensial dari pemerintah sebagai mana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 adalah: “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan sosial”.
Panti Sosial Asuhan Anak “Baabussalam” yang berada dibawah naungan YRBP dengan segala keterbatasan turut berkiprah bersama-sama untuk meningkatkan beban pemerintah dalam menanggulangi permasalahan dalam bidang sosial dan memperkecil anka kemiskinan yang tergolong relatif krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai sekarang ini.
Kepedulian kami para pengurus sebenarnya berangkat dari kepedulian moral atau akhlak, namun dipandang dari sudut pandangan materi sebenarnya kami sangat jauh dari kemampuan.
Sebagai rasa syukur atuu karunia-Nya, maka dengann ketulusan hati dalam mengharapkan ridho-Nya terpanggil untuk berperan serta bertanggung jawab dalam pelayanan gizi, kesehatan mencerdaskan pendidikan mereka (klien) anak yatim, piatu, yatim piatu keluarga retak dan keluarga layak bantu yang kehilangan kasih saying, kekurangan asuh, kekurangan pangan dan kekurangan pendidikan yaitu ilmu pengetahuan
Besar kemungkinan mereka (klien) menengedahkan tangan, memanjatkan do`a, mengharap “hak asuh” ingin mendapatkan perlindungan “hak asih” ingin mendapatkan kasih sayang karena telah pergi meninggalkannya ‘serta hak asah” ingin mendapatkan kecerdasan sebagai bekal hidupnya yaitu ilmu pengetahuan.


LATAR BELAKANG BERDIRINYA

Panti Sosial Asuhan Anak :
Nama Panti                 : Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Baabussalam
Unit garapan               : Pembinaan dan pembimbingan anak-anak didalam panti 
Alamat                                    : Jl. Cilenkrang II no. 34 Rt. 03/09 kel. Palasari kec. Cibiru
Kodya                          : Bandung 40615 Provinsi Jawa Barat Indonesia
Akta Notaris                : Dr. Wiratni Ahmadi, SH No. 106/2000
Daftar Dinas Sosial     : No. 062/304/PRKS/2003
Kapasitas anak                        : 110 Anak
Laki-laki                       : 54 Anak
Perempuan                 : 56 Anak
Berdiri                         : Tanggal 9 September 2001


Dalam rangka merealisasikan salah satu tujuan mendirikan Panti asuhan dalam usahanya membantu meringankan beban pemerintah dalam memerangi kemiskinan, dengan banyaknya anak-anak yang kekurangan gizi, kesehatan dan putus sekolah, maka kami mendirikan panti asuhan mesti belum permanen tempatnya sebagai wadah dari pada anak-anak terlantar untuk dibimbing dan bina serta memberI hak asuh “mendapat perlindungan”.




KEADAAN UMUM


A.     Tujuan
Sebagai fungsi panti merupakan perantara bgi kaum Agnia (Masyarakat yang berkecukupan) dan kaum Dhuafa (Masyarakat yang kurang beruntung) maka dalam programnya panti bertujuan:
a.      Turut mensukseskan program pemerintah dalam rangka mengentasakan kemiskinan dan meningkatkan gizi, kesehatan dan pendidikan (kecerdsan).
b.      Memperbaiki tahap hidup mereka (klien) yang kurang beruntung,sehingga kembali normal sebagaimana masyarakat lain yang berkecukupan
c.       Membangun dan menggali serta potensi yang ada pada mereka (klien) agar menjadi masyarakat yang cerdas, terampil, berwawasan luas dan memiliki ahklak mulia sehingga berdaya guna dan berhasil guna bagi dirinya, agama, bangsa dan Negara.

B.      Bentuk Pelayanan
Bentuk pelayanan yang diberikan mengacu kepada garis-garis program (GBKP) panti dan kebijaksanaan pokok Departemen RI, yaitu:
a.      Peningkatan kualitas dan evektivitas usaha kesejahteraan sosial agar mampu mendorong tumbuhnya sikap dan tekad kemandirian manusia dan masyarakat Indonesia dalam rangka membangun SDM
b.      Perluasan jangkauan pelayanan usaha kesejahteraan sosial yang adil dan merata
c.       Meningkatkan Preposionalisme pelayanan usaha kesejahteraan sosial oleh pemerintah dan masyarakat.


STRUKTUR ORGANISASI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK BAABUSSALAM
  1. Susunan Pengurus :
Pelindung                    : Endang Supriatna
Ketua                          : Yudi Supriadi
Sekretaris                    : Teti Karmilah
Bendahara                   : Moch. Fauzi
  1. Bagian-bagian :
Humas                         : Ma’rup, S.Hum.
Pendidikan                  : Deni Setyawan. Spd
Kesehatan                   : Shifa
Pengasuh                     : Imas
Tata Boga                    : Murni
Asrama Putra              : Tri Nuryana
Asrama Putri               : Lia Amelia Pane


Sekretaris
 

Bendahara
 
 


ua
 



Kesehatan
 

Pendidikan
 

Humas
 
                                                                                                              
 
 






KETERANGAN ANAK DALAM PANTI

Menerangkan bahwa anak tersebut ada di dalam Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Baabussalam. Besar harapan kami Bapak/Ibu turut serta memperhatikan, mengasuh, mendidik dan memberikan gizi yang baik bagi anak bangsa. Semoga Allah SWT meridhai amal bakti kita, Amin.

                                                                                                Bandung,    Nopember 2012
                                                                                                  Ketua PSAA Baabussalam


                                                                                                           Yudi Supriadi




             








                                                                                                             

0 Response to "Contoh Proposal Permakanan Panti Asuhan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->