-->

Silabus Ilmu Dilalah (Semantik 2)





SILABUS

Nama Mata Kuliah                  : Ilmu Dilalah (Semantik) II
Kode Mata Kuliah                   
SKS                                         : 2 (dua)/ (1-1)
Jurusan/Program Studi            : Bahasa dan Sastra Arab
Prasyarat                                  : Ilmu Dilalah I
Semester/ Kelas                       : VI/ A-B
Tahun Akademik                     : 2018/2019
Waktu Perkuliahan                  : 2 x 50 menit
Dosen                                      : Ma’rup, S.Hum.,M.Pd.
Alamat kontak Dosen                         :


A.     Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini disusun dalam upaya memberi kemampuan pada mahasiswa dalam memahami penomena-penomena bahasa. Mata kuliah ini dimulai dari pembahasan tentang al musytarak al lafzhy (polysemi). Pembahasan topik ini tidak hanya pada tataran pengertian dan contoh, tetapi juga dibahas pendapat para pakar bahasa klasik dan modern tentang keberadaan al musytarak al lafzhy (polysemi). Pembahasan yang sama juga dilakukan pada penomena al taraduf (synonymy), al adh-dhad (antonimy), dengan pembahasan makna dilihat dari perspektif pakar sastra dan ushul fiqh.

B.  Standar kompetensi :
Memiliki kemampuan mengaplikasikan teori-teori makna yang dipelajari pada mata kuliah Ilmu Dilalah 1 dalam memahami penomena-penomena kebahasaan seperti al musytarak al lafzhi (polysemi), al tarâduf (synonymy), al adh-dhâd (antonimy), taghayyur al ma'na (perubahan makna), dan pengertian makna ditinjau dari perspektif pakar sastra dan ilmu ushul fiqh.

C. Pengalaman Belajar
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali dengan pengalaman belajar mengaplikasikan teori-teori ilmu dilalah yang pernah dipelajarinya untuk memahami fenomena-fenomena kebahasaan. Disamping itu pula melalui mata kuliah ini mahasiswa akan dibekali pengalaman cara memahami makna sebuah kata yang berdiri sendiri dan terletak pada konteks tertentu. Dalam mata kuliah ini akan dijelaskan bahwa makna kata tidak tunggal dan tidak tetap. Sebuah kata terkadang memilki banyak makna dan sebaliknya ada yang katanya banyak tetapi merujuk pada satu makna. Makna yang ada pada masa kini, dalam mata kuliah ini, dijelaskan juga sebagai perkembangan dari perubahan kebudayaan, melalui mata kuliah ini pula mahasiswa mendapat pengalaman belajar dalam memahami pikiran-pikiran para pakar bahasa, sastra maupun ilmu ushul.

Pertemuan ke-
Kompetensi Dasar
Topik/Sub Topik
Indikator
Metode Belajar
Evaluasi
Waktu
Media, Alat / Sumber
01/02/03
Menjelaskan pengertian al Musytarak al lafzhy, ruang lingkup, sebab-sebab terjadinya, dan pendapat ulama klasik dan modern sekitar al Lafzy
    المشترك اللفظى : تعريفه ومجاله وأسبابه ورأى علماء القدماء والمحدثين على وجوده
1.        Menyebutkan pengertian al Musytarak al Lafzhi
2.        Menjelaskan pendapat para ulama baik klasik maupun modern tentang keberadaan al Musytarak al Lafzhi
3.        Menyebutkan ruang lingkup al Musytarak al Lafzhi baik menurut ulama  klasik maupun modern
4.        Menyebutkan sebab-sebab adanya al Musytarak al Lafzhi baik menurut ulama  klasik maupun modern

Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah.
04/05/06
Menjelaskan pengertian al taraduf, ruang lingkup, sebab-sebab terjadinya, dan pendapat ulama klasik dan modern tentang keberadaan al taraduf.
الترادف : تعريفه ومجاله وأسبابه ورأى علماء القدماء والمحدثين على وجوده
1.     Menyebutkan pengertian al Taraduf
2.     Menyebutkan ruang lingkup al Taraduf baik menurut ulama klasik maupun modern
3.     Menyebutkan sebab-sebab adanya al Taraduf baik menurut ulama klasik maupun modern
4.     Menyebutkan pendapat para ulama baik klasik maupun modern tentang keberadaan al taraduf
Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah

07/08
Menjelaskan pengertian al adh-dhad, ruang lingkup, sebab-sebab terjadinya, dan pendapat ulama klasik dan modern tentang keberadaan al adh-dhad.
الأضداد : تعريفه ومجاله وأسبابه ورأى علماء القدماء والمحدثين على وجوده
1.     Menyebutkan pengertian al Adhdhâd
2.     Menyebutkan ruang lingkup al Adhdhâd
3.     Menyebutkan sebab-sebab (perkembangan) adanya al Adh- dhâd
4.     Menyebutkan pendapat para ulama baik klasik maupun modern terhadap keberada-an al Adh- dhâd
Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah
09
Ujian Tengah Semester (UTS)
 -
-
-
Uraian
100 menit
-

10/11
Menjelaskan penomena perubahan makna, sebab-sebab terjadinya, dan jenis-jenisnya
تغير المعنى : أسبا به و أقسامه
1.     Menyebutkan sebab-sebab perubahan makna
2.     Menyebutkan jenis-jenis perubahan makna
Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah

12/13
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan adanya kesulitan dalam upaya menterjemahkan satu bahasa ke dalam bahasa lainnya
مشكلات الدلالة فى الترجمة
Menyebutkan factor-faktor penyebab kesulitan dalam proses pener-jemahan
Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah

14/15
Menjelaskan sudut pandang ulama ushul terhadap hubungan lafazh dan makna beserta contoh-contohnya
اللفظ والمعنى عند الأصليين

1.     Menyebutkan pandangan ulama ushul dalam terhadap hubungan lafadz dengan makna
2.     Menyebutkan contoh-contoh makna dari ulama ushul
Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah


16/17
Menjelaskan sudut pandang sastra terhadap hubungan lafazh dan makna beserta contoh-contohnya)
اللفظ والمعنى عند النقاد والبلاغيين
1.     Menyebutkan sudut pandang kritikus sastra terhadap hubungan lafadz dengan makna beserta contoh-contohnya
2.     Menyebutkan sudut pandang sastrawan terhadap hubungan lafazh dan makna beserta conto-contohnya.
Ceramah dan diskusi
Kuis
100 menit
Papan Tulis, LCD, OHP/ Ahmad Muhtar Umar, Ilmu Dilalah; Muhammad Sa'ad Muhammad, Ilmu Dilalah
18
Mencheck kemampuan mahasiswa
Penugasan

Penugasan
-


19
Ujian Akhir Semester
 -
-
-
Uraian
100 menit
Kertas



Daftar Pustaka

Anis, Ibrahim.1997. Dilalah al Alfâdzh. Maktabah Injilo Mishriyyah: Kairo

Al' Asykary, Abu Hilal. tt. Al Firâq fî al Lughah.

Bahiry, Sa'îd Hasan. 1997. Ilmu Lughah al-Nash: Al Mafâhîm wa al ittijâhât. Al syirkah Al Mishriyah Al 'Âlamiyah li al Nasyr: Lunjaman, Kairo

Kempson, Ruth M. 1977. Semantic Theory.  Cambridge University Press, London New York-Melbourne.

Mujahid, Abdul Karim. tt. Al Dilâlah 'inda al 'Arab.
Muhammad, Sa'ad Muhammad. 2002. Fî 'ilmi al Dilâlah. Maktanah Zahra al Syarq, Kaira, Mesir.
Parera, JD. 1990. Teori Semantik. Erlangga: Jakarta

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural atas Matinya Makna. LKIS: Yogyakarta

Saeed, John I. 1997. Semantics: Blackwell Publiser, Cambridge, Massachusetts, USA.

Sarup, Madam. 2004. Posstrukturalisme dn posmodernisme: Sebuah Pengantar Kritis. Jendela: Yogyakarta

Tarigan, Guntur Henry. 1986. Psikolinguistik. Angkasa: Bandung

T.E.H, et.al.tt.Language, Meaning, and Style: Essay in Memorian of Stephen Ulmann.

Umar, Ahmad Mukhtar. 1996. Ilmu dilalah. 'Alimul Kutub: Kairo, Mesir.

Ulmann, Stephen. 1996. Daur al Kalimah fî al Lughah (ter. Kamal Basyar). Maktabah Syabab: Kairo

0 Response to "Silabus Ilmu Dilalah (Semantik 2)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->